Breaking News

TUTORIAL BLOG

Minggu, 11 Februari 2018

Figure Mahasiswa Berprestasi



Figure mahasiswa berprestasi kali ini adalah mantan ketua HMPS BKI Kalijaga KHairun Nisa Sagala. Dia adalah sosok mungil yang kaya akan ide dan semangat untuk maju, serta kreatif dan mau kerja keras. Tidak salah kalau dia terpilih sebagai mahasiswa terbaik di antara semua mahasiswa terbaik dengan kategorinya masing-masing, pada perhelatan Milad BKI Kalijaga Day yang ke 40 lalu. Kiprahnya sebagai ketua HMPS betul-betul mewarnai dinamika perkembangan Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga. 

Realisasi ide dan kreatifitasnya mengalahkan kelemahan dan keterbatasan yang ada, baik dari segi waktu, tenaga dan prasarana, yang penting berusaha maksimal mewujudkan mimpi-mimpi besar untuk mengembangkan Prodi BKI. Di awal kepemimpinannya dia membuat gebrakan dengan menghadirkan tokoh-tokoh muda yang hebat. Mulai dari Fandi Pasaribu yang berhasil menemukan control authomotif melalui gadget, dan pakar muda robotic yang telah melanglang buana memenangi ajang international serta Sakti gitaris Sheila On Seven yang nyentrik dengan tampilan dan dakwahnya. Hingga mewujudkan tradisi baru dengan memperingati kelahiran Prodi BKI yang ke 39. Dilanjutkan di tahun berikutnya dengan milad ke 40 dengan tema BKI Kalijaga Day dengan menghadirkan berbagai even mulai dari futsal hingga debat dan seminar scholarship pertama di Prodi BKI Kalijaga.
Itulah dari sekian prestasi yang dia wujudkan untuk nama BKI Kalijaga. Dia tidak pernah alpha dalam setiap agenda BKI, bahkan terobosannya dengan menghatamkan Al-Quran di halaman Taman FDK membuat doa-doa kita untuk Prodi dan mahasiswa ini seakan dihantarkan kepada sang Pemberi. Bahkan dia juga yang mempelopori tradisi bagi seluruh mahasiswa untuk menuliskan impian dan harapannya di media harapan (mulai dari Angkringan harapan, sampai Jemuran harapan). Hal yang paling krusial adalah ketika dia berani mengembangkan event internasional di antara semua mahasiswa di Indonesia yakni “International Student Week” dimana kegiatannya adalah International Converence, Study Comparative, Visiting Study and Mini Research. Setelah pengalamannya melintang Malaysia, Singapura dan Thailand, bersama Pak Bro Muhsin serta back paker bersama sahabatnya di BKI, akhirnya dia wujudkan untuk mengorganisasi mahasiswa yang ingin ke luar negeri. 
Jadilah 65 mahasiswa berangkat di awal tahun 2017 lalu. Dan tidak berapa lama dia kembali membawa rombongan ke sebrang, terhitung sudah 4 kali dia bolak-balik ke sebrang. Terakhir awal tahun ini antara 14-19 Januari 2018, dia memaksa Kaprodi BKi untuk menjalin kerjasama dengan beberapa kampus ternama di Malaysia, mulai dari UPM, USIM dan UM serta PPI Malaysia dan Kementeria Agama Negeri Sembilan. Semuanya atas support dan dorongannya agar BKI bisa mendunia. Bahkan keberangkatannya kali ini adalah kreasinya membentuk komunitas “Istana Pemimpi” yang diketuainya sendiri. Bermimpi kalau ini akan menjadi label perusahaannya dalam busnis Traveling and Education.
Hari ini tepatnya 11 Oktober 2017, dia berhasil mempertahankan skripsinya di sidang munaqosah. Dengan judul “Bibliotherapy dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di taman baca masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta”. Skripnya inipun berhasil mendapat nilai A. dan berharap bisa diterbitkan di jurnal ilmiah. Akhirnya Prodi BKI harus kehilangan mahasiswa yang mampu selaras dengan harapan Prodi BKI.
Dalam sebuah percakapan, dia menyampaikan bahwa walaupun dia sudah menjadi alumni, tetapi dia masih ingin terlibat dalam kepengurusan alumni dan ingin memberikan kontribusi besar bagai BKI. Sungguh keingainan yang tidak bisa ditolak, Prodi sangat senang mendengarnya. Walaupun mimpinya untuk melanjutkan studi ke Jepang terus diupayakannya. Karena harapannya bisa mengembangkan ilmu pengetahuan tetapi juga bisa melanglang buana. Makanya dia mendirikan komunitas Negeri Pemimpi, untuk memediasi bagi pengejar mimpi studi dan jalan-jalan di luar negeri. Semoga mimpi-mimpinya terwujud.
Thank u so much for your action in many BKI Kalijaga Islamic Guidance & Counseling Department agendas. It's unforgetable. We do hope will inspires others student to follow your action. You are always be missing....

Late post
By. A. Said Hasan Basri











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By