Breaking News

TUTORIAL BLOG

Rabu, 24 Agustus 2016

Sospem 2016


Sejak Senin sampai Rabu 22-24 Agustus 2016, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan seluruh Prodinya; Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) serentak mengikuti Sospem (Sosialisasi Pembelajaran).
 Sebagai media mengantarkan Mahasiswa Baru untuk memasuki gerbang Perguruan Tinggi. Totalnya mahasiwa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah 466 orang, terbagi dalam 24 kelas dengan masing-masing kelas ditemani dua orang fasilitator dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Selama tiga hari, mulai pembukaan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Nurjannah, M.Si. kemudian mereka memasuki ruangan masing-masing mulai dari personal introduction, dan belajar tentang core keilmuan UIN sunan Kalijaga, Kurikulum, hingga pembelajaran orang dewasa (andragogy).
Hari kedua kita belajar tentang bagaimana caranya menjadi mahasiwa yang cerdas secara emosi, dengan memiliki kesadaran diri, kemampuan menata diri dan membangun motivasi. Dilanjutkan dengan belajar tentang empati dan kepedulian sosial, serta pengambilan keputusan.  Semuanya kita lakukan dengan having fun, penuh dengan energizer dan breaker tanpa ada resiko.

Hari terakhir kita masih lanjut. Di pagi hari kita awali dengan review beberapa materi yang telah dipelajari pada hari sebelumnya. Dilanjutkan dengan belajar tentang gaya belajar, strategi membaca, mencatat dan menulis karya ilmiah serta pengenalan journal penelitian (says no to plagiarism).

Sesi terakhir diisi oleh mahasiswa sebagai orientasi pengenalan berbagai organisasi kegiatan mahasiwa baik, intra maupun ekstra. Mulai Sema (Senat Mahasiswa), Dema (Dewan Mahasiswa) dan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) dulu dikenal sebagai HMJ (Himpunan Mahasiwa Jurusan). Kemudian Badan Otonom Mahasiswa (BOM), yaitu Mitra Ummah, Rhetor, Seni dan Budaya serta PPDT (Pusat Studi Dakwah ) Suka TV, Rasida FM dan Fotografi.

By. A. Said Hasan Basri, S.Psi. M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By